27 November 2008

Membuat Table Baru

.-@) Membuat Tabel Baru (@-.

Kita akan membuat sebuah tabel baru dengan menggunakan perintah "CREATE TABLE". Contohnya sebagai berikut..

mysql> create table karyawan ;

ERROR 1113 (42000): A table must have at least 1 column


Ternyata ada kesalahan yang terjadi. Untuk membuat sebuah tabel di MySQL, kita harus menentukan minimal satu buah field/kolom di dalamnya. Sekrang kita ubah perintah di atas menjadi sebagai berikut...

mysql> create table karyawan

-> (nopeg INT UNSIGNED AUTO_INCREMENT PRIMARY KEY,

-> nama VARCHAR(50) NOT NULL)

-> ;

Query OK, 0 rows affected (0.14 sec)


Cukup panjang ya perubahan perintahnya. Mungkin sintaks perintahnya agak membingungkan pada awalnya. Tidak apa-apa, nanti akan kita bahas artinya. Secara umum, kita akan membuat sebuah tabel Karyawan dengan 2 buah kolom/field. Kolom pertama adalah NOPEG dengan jenis data bilangan bulat (INTeger), tanpa tanda negatif (UNSIGNED), yang akan bertambah nilainya secara otomatis (AUTO_INCREMENT), dan kolom NOPEG adalah kolom utama (PRIMARY KEY).
Kemudian pada kolom kedua, NAMA akan menampung nama karyawan, dengan jenis data VARiabel CHARacter, lebar datanya dapat menampung maksimal 50 karakter, dan tidak boleh dikosongkan (NOT NULL). Kurang lebih seperti itulah ceritanya.. :)

Kita lihat kembali apa isi dari database latihan1:

mysql> show tables ;

+--------------------+

| Tables_in_latihan1 |

+--------------------+

| karyawan |

+--------------------+

1 row in set (0.00 sec)


Dari hasil perintah di atas, kita lihat bahwa database latihan1 telah memiliki sebuah tabel yang bernama karyawan. Selanjutnya kita akan lihat apa struktur dari tabel karyawan tersebut.


.-@) 808 (@-.