08 September 2008

Test

Apa yang dimaksud dengan sistem operasi “opensource” ?

open source dalam bahasa indonesia adalah source yang terbuka. lebih jelasnya lagi adalah sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu orang/lembaga pusat, tetapi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan kode sumber (source-code) yang tersebar dan tersedia bebas. Pola pengembangan ini mengambil model ala bazaar, sehingga pola Open Source ini memiliki ciri bagi komunitasnya yaitu adanya dorongan yang bersumber dari budaya memberi, yang artinya ketika suatu komunitas menggunakan sebuah program Open Source dan telah menerima sebuah manfaat kemudian akan termotivasi untuk menimbulkan sebuah pertanyaan apa yang bisa pengguna berikan balik kepada orang banyak.Pola Open Source lahir karena kebebasan berkarya, tanpa intervensi berpikir dan mengungkapkan apa yang diinginkan dengan menggunakan pengetahuan dan produk yang cocok. Kebebasan menjadi pertimbangan utama ketika dilepas ke publik. Komunitas yang lain mendapat kebebasan untuk belajar, mengutak-ngatik, merevisi ulang, membenarkan ataupun bahkan menyalahkan, tetapi kebebasan ini juga datang bersama dengan tanggung jawab, bukan bebas tanpa tanggung jawab.

{sumber: dicampurkeun}

Apa yang anda ketahui tentang GPL ?

Lisensi terbuka (Open License) atau GNU General Public License : merupakan lisensi software gratis yang digunakan secara luas. GPL luas. memberikan kepada pengguna program komputer hak freeware dan kebebasan hak cipta walaupun program tersebut telah diubah atau ditambah. GNU/GPL merupakan sebuah kumpulan ketentuan pendistribusian tertentu untuk meng-copyleft-kan sebuah program. Proyek GNU menggunakannya sebagai perjanjian distribusi untuk sebagian besar perangkat lunak GNU. Sebagai contoh adalah lisensi GPL yang umum digunakan pada perangkat lunak Open Source. {http://dosen.amikom.ac.id}

Sebutkan paling sedikitnya 7 (tujuh) varian distro linux yang anda ketahui !

Distribusi berbasiskan RPM

Distribusi bebas berbasis Slackware

{http://id.wikipedia.org}

Apa yang anda ketahui tentang ubuntu linux ?

Ubuntu adalah salah satu varian atau sebut saja salah satu distro linux yang saat ini paling populer keberadaannya, kalo ga salah ubuntu pertama kali rilis tahun 2004 dan langsung meroket, kebanjiran peminat, milis-milis yang bahas ubuntu bermunculan bak jamur dimusim hujan, ubuntu mampu memupus bad images tentang linux, yang katanya sistem operasi yang susah digunakan. Ubuntu dengan dukungan dari komunitas sukarelawan pecintanya dan dari tenaga ahli profesional, dilengkapi dengan lebih dari 16.000 buah perangkat lunak, telah mampu bersaing dengan sistem operasi yang berbayar sekalipun. Hal ini tidak terlepas dari seorang Afrika Selatan, Mark Shuttleworth pemilik Canonical Ltd. yang terus mendukung segala aktivitas ubuntu sampai saat ini, termasuk mengirimkan CD instaler ke rumah kamu secara cuma-cuma alias gratis.

{http://nyobayoo.blogspot.com}

Tuliskan langkah-langkah instalasi ubuntu linux ?


Mungkin akan jadi kepanjangan jadi klik aja disini

Bagaimana cara mengubah repository lokal indonesia di ubuntu ?

ketikan secara bertahap code berikut pada terminal :
wget http://arsip.ubuntu-id.org/berkas/sources.list.kambing
sudo mv /etc/apt/sources.list /etc/apt/sources.list.original
sudo cp sources.list.kambing /etc/apt/sources.list
sudo apt-get update

0 komentar:

Posting Komentar